gadget
PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK
Luisa Larasati Wirawan, M.Psi., Psikolog

Hallo LB’s Moms! Di jaman sekarang ini, tentunya berbagai macam gadget atau media elektronik dimiliki oleh setiap keluarga, dimulai dari Smartphone, Tablet, Televisi, Komputer, maupun Laptop. Penggunaan gadget tidak lagi terbatas pada orang dewasa saja, namun kini telah merambah hingga anak-anak.

Seringkali orangtua memberikan gadget pada si kecil agar si kecil dapat duduk tenang dan tidak rewel. Tidak jarang orangtua memberikan gadget pribadi untuk si kecil agar si kecil ‘tidak mengusik’ gadget orangtua. Penggunaan gadget itu sendiri sebaiknya untuk anak usia berapa sih? Sebaiknya anak berusia 2 tahun ke bawah dianjurkan tidak diperkenalkan oleh gadget. Sedangkan untuk anak di atas usia 2 tahun dibatasi penggunaan gadget-nya, dengan maksimal 10 jam /minggu atau 2 jam/hari.

Sebenarnya penggunaan gadget untuk anak bagus tidak sih? Penggunaan gadget, khususnya pada anak tentunya memiliki pengaruh positif dan pengaruh negatif. Dari beberapa hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan anak mengenal huruf, angka, meningkatkan kemampuan berhitung, dan membuat kegiatan belajar menjadi lebih menarik untuk si kecil. Namun demikian, penggunaan gadget juga membawa dampak negatif, diantaranya:

  • Masalah Kognitif
    Penggunaan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan bahasa, rentang atensi yang pendek, pencapaian akademis yang rendah.
  • Masalah Kesehatan
    Si kecil yang memiliki kebiasaan penggunaan gadget yang berlebihan juga dapat menyebabkan obesitas; sakit kepala, pusing dan perut; waktu tidur yang tertunda dan durasi tidur yang pendek.
  • Masalah Sosial
    Penggunaan gadget yang berlebihan juga menyebabkan si kecil kurangnya kegiatan interaktif dengan keluarga dan teman dan kurang aktif dalam mengikuti kegiatan.
  • Munculnya karakteristik adiksi
    Penggunaan gadget yang berlebihan pada si kecil dapat memunculkan karakteristik adiksi, seperti sulitnya mengatur waktu penggunaan gadget dan cemas cemas ketika tidak menggunakan gadget.
  • Oleh karena itu, orangtua sebaiknya menerapkan aturan dan jadwal yang jelas dalam penggunaan gadget. Dalam menerapkan aturan dan jadwal orangtua harus konsisten dan kompak. Jangan lupa untuk selalu dampingi si kecil ketika menggunakan gadget agar si kecil tidak terpengaruh oleh konten negatif dari permainan atau tontonan yang ada di gadget ya Moms!